Minggu, 16 Maret 2014

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog Gratis tis .. tis .. tisss ... :)


Perlu agan" catat and garis bawahi, ketika agan" ingin membuat blog di Blogger, maka email yang harus digunakan adalah Gmail, tidak boleh yang lain. Titik !! gak ada koma (,) hehehee :)


Oke langsung saja ke pokok pembahasan, kalo agan" pengen bikin blog, langkah awal yang harus di lakukan adalah :
  1. Persiapkan  Email dari Google, atau kita sering menyingkatnya GmailCara Daftar Email di Gmail (Google Mail).

  2. Setelah Anda menyiapkan Akun Gmail yang akan Anda pakai untuk Membuat Blog, maka langkah selanjutnya tentu saja kita harus mengunjungi situs untuk membuat blog tersebut.

    Sesuai judul yang saya buat yaitu Membuat Blog di Blogger, maka disini kita akan mengunjungi situs http://www.blogger.com, walaupun blogger.com ini bukan satu-satunya tempat untuk membuat blog. Karena masih ada tempat untuk membuat blog lain, yang juga gratis, diantaranya adalah Wordpress dan Mywapblog.

    Cara Membuat Blog Sendiri Gratis 1
    Cara Membuat Blog (Gambar: 1)

  3. Nah, setelah kita sampai di Blogger.com maka kita akan disuguhkan halaman depan seperti ini.

    Cara Membuat Blog Sendiri Gratis 2
    Cara Membuat Blog (Gambar: 2)

    Inilah alasan mengapa tadi saya terlebih dahulu memastikan kepada Anda untuk memiliki akun Gmail, karena jika tidak punya, maka tentunya kita hanya akan berhenti pada Halaman depan Blogger ini (service login).

  4. Lanjut, saya anggap tadi Anda sudah bisa menembus pertahanan Google (service login) tersebut.

    Setelah masuk pada halaman utama (home) Blogger, klik tombol New Blog atau Blog Baru yang ada di sebelah pojok kanan atas layar monitor Anda.

    Cara Membuat Blog Sendiri Gratis 3
    Cara Membuat Blog (Gambar: 3)

  5. Nanti akan muncul Pop Up seperti gambar dibawah ini.

    Cara Membuat Blog Sendiri Gratis 4
    Cara Membuat Blog (Gambar: 4)

  6. Tinggal Anda isi Title dengan Judul Blog dan Address dengan Alamat Blog. Ohya, pastikan saat Anda memilih Nama Blog, muncul Simbol Check berwarna biru di sebelah kanan, kalau muncul tanda atau Simbol Pentung berarna merah itu artinya nama Blog yang Anda pilih sudah digunakan orang lain.

    cara+membuat+blog+blogger+sendiri+gratis+4
    Cara Membuat Blog (Gambar: 5)

    Langkah akhir tinggal Anda klik Buat Blog atau Create blog!

Sampai disini sebenarnya kita sudah berhasil Membuat Blog di Blogger.

Selanjutnya Cara Menulis Artikel di Blog

Untuk membuat maupun artikel di Blogger, sebenarnya cukup mudah yaitu Anda cukup dengan mengklik icon pensil yang di bagian atas.


Cara Menulis Artikel di Blog ( Gambar 1 )
Cara Menulis Artikel di Blog (Gambar: 1)
Setelah Anda klik ikon tersebut, nantinya kita akan masuk ruang editor (mirip office) nah, disini tinggal Anda tulis saja artikel apa saja yang ingin Anda tulis.

Selanjutnya Buka Dafta Entri



Setelah anda membuat sebuah blog, maka ada baiknya anda mengenali fungsi menu-menu yang ada dalam blogger.com. Berikut Fungsi menu pada blog blogger.com.
1. Ikhtisar/Overview
adalah data statistik yang berkaitan dengan blog Anda. Seperti jumlah pengunjung, jumlah posting dan komentar, dst.
2. Post/Posts
Dengan mengklik menu Post, maka akan muncul daftar artikel yang sudah ditulis dan diterbitkan atau masih dalam konsep (draft).
3. Laman/Pages
adalah halaman statis seperti halnya di Wordpress. Anda dapat menggunakan ini untuk membuat About Me atau daftar link, dst.
4. Komentar
di sini Anda dapat mengedit komentar pengunjung. Anda dapat menghapus atau menyetujui komentar yang terkena moderasi (apabila komentar dimoderasi).
5. Statistik
adalah data lebih rinci tentang perkembangan trafik pengunjung blog. Dalam statistik ini untuk info lebih detail, Anda dapat mengklik menu Ikhtisar, Post, Sumber Lalu Lintas (traffic), dan Pemirsa.
6. Tata Letak/Layout
pada dasbor sebelumnya namanya Design/Desain, sekarang berganti menjadi Tata Letak/Layout. Di sini Anda dapat menambah widget dan merubah posisi widget ke atas-bawah atau ke kiri-kanan sesuai selera. 
7. Template
di sini ada dua submenu. Yaitu, 
(a) Ubahsuaian/Customize dan (b) Edit HTML.
Kalau Anda memakai template bawaan dari Blogger, maka Anda dapat menggunakan menu Ubahsuaian/Cusomize ini untuk merubah tata letak, tinggi dan lebar dan warna template secara langsung. Sedang menu Edit HTML adalah untuk menambah kode HTML langsung ke halaman HTML blogger.
8. Setelan/Settings
adalah tempat untuk mengatur setelan blog seperti berapa artikel yang ditampilkan di halaman muka (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dsb.
Akhirnya selesai juga panduan Membuat Blog ini, sekarang anda sudah mempunyai blog, silahkan isi dengan konten yang bermanfaat, khusunya bagi anda dan umumnya bagi para pembaca.
amiiiinnnnn ..  ^_^
( M Mushollin )


0 komentar:

Posting Komentar